Rabu, 18 Mei 2016

Penyebab Penyakit Asam Urat Naik

Penyebab Penyakit Asam Urat Naik
 
Penyebab penyakit asam urat naik adalah penumpukan asam urat di dalam darah. Asam urat sendiri adalah terbentuknya limbah dari pemecahan zat purin yang berada dalam sel - sel tubuh. Sebagian kecil asam urat dibuang melalui saluran pencernaan dalam bentuk kotoran dan sebagian besar lainnya dibuang melalui ginjal dalam bentuk urin.

Sendi kaki dan tangan adalah bagian yang sering mengalami asam urat, karena tingginya pembentukan kristal - kristal yang berada dikedua sendi itu. Selanjutnya, sendi siku dan lutut yang juga rentan terkena asam urat. Dab bagian sendi leher, pinggul, bahu dan punggung adalah anggota tubuh yang jarang terkena serangan asam urat.

Munculnya penyakit asam urat timbul karena beberapa faktor yang mempengaruhi naiknya kadar asam urat pada tubuh seperti minuman dengan kadar gula tinggi, minuman keras, makanan, kondisi medis, riwayat keluarga, jenis kelamin dan obat - obatan.

Minuman Keras

Apabila Anda terlalu sering mengkosumsi minuman keras, maka asam urat yang berada di dalam hati akan meningkat dan disisi lain alkohol akan mengurangi jumlah asam urat yang dibuang melalui urin. Minuman seperti spirit dan bir harus dikurangi, apalagi bir yang mengandung kadar urin yang tinggi.

Minuman Dengan Kadar Gula Tinggi


Minuman manis atu minuman ringan dan minuman yang mengandung fukosa tinggi bisa berpeluang meninkatkan risiko memicu adanya asam urat. Tapi, bagi minuman ringan yang kadar gulanya rendah dan minuman ringan diet tidak akan membuat seseorang terkena asam urat.

Makanan

Makanan laut seperti ikan yang berminyak dan kerang - kerangan, jeroan seperi ginjal, jantung, hati dan otak lalu daging merah seperti kambing, sapi dan daging babi adalah kategori makanan yang mengandung zat purin yang mampu meningkatkan kadar asam urat.

Kondisi Medis

Beberapa kondisi medis yang dapat memicu timbulnya asam urat adalah penyakit ginjal, diabetes baik diabetes tipe 1 atau 2, tekanan darah tinggi, osteoartritis di tangan, lutut dan kaki serta kolestero dan kadar lemak yang tinggi dalam darah.

Riwayat Keluarga

Berdasarkan ilmu kesehatan meyimpulkan bahwa penyakit asam urat ialah penyakit turunan, riset membuktikan jika ditemukan satu dari lima penderita asam urat memiliki seorang anggota keluarga yang juga mengalami asam urat.

Jenis Kelamin

Bagi wanita yang sedang masa subur jarang terkena asam urat atau gout dibandingkan laki - laki, itu karena adanya hormon estrogen pada wanita yang mampu menurunkan kadar asam urat yang melancarkan pembuangannya melalui ginjal. Terbalik dengan laki - laki yang kadar asam uratnya meningkat ketika masa puber dan tetap lebih tinggi dari wanita hingga dewasa.

Obat - Obatan

Ada beberapa obat - obatan yang dapat memicu naiknya kadar asam urat diantaranya Aspirin, Pil Air atu Diuretik yaitu obat untuk mengatasi hipertensi dan mengatasi cairan yang menumpuk di dalam tubuh. Niacin merupakan obat yang dipakai untuk mengobati kolesterol tinggi. Dan obat - obatan pereda tekanan tinggi lainnya seperti obat penghambat beta, penghambat enzim dan pengubah angiotensin.

Adapula sebagian orang yang memiliki kadar asam urat tinggi di dalam darah mereka, tapi tidak ditemukan kristal - kristal natrium pada sendi - sendi mereka.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan asam urat naik semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan Anda serta terima kasih sudah berkunjung.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar